Minggu, 28 November 2010

SILABUS SISTEM GEOMETRI

SILABUS SISTEM GEOMETRI

Program Studi : Pendidikan Matematika
Kode Mata Kuliah :
Jumlah SKS : 3 SKS
Semester : III (tiga)
Matakuliah Prasyarat : Geometri dan Pengantar Dasar Matematika
Dosen Pengampu : Fatriya Adamura, S. Pd.

Standar Kompetensi
1. Menjelaskan penyusunan geometri
2. Menjelaskan bahwa geometri tidak hanya satu
Kompetensi Dasar Indikator Pengalaman Pembelajaran Materi Ajar Waktu Alat/Bahan/ Sumber Ajar Penilaian
1. Memahami dan menguasai sistem aksiomatik • Menjelaskan pengertian sistem aksiomatik
• Menjelaskan hubungan sistem aksiomatik dengan terbentuknya geometri Mengkaji dan mendiskusikan sistem aksiomatik Sistem Aksiomatik 2 x 120 menit Moeharti, H. W. 1986. Sistem-sistem Geometri. Jakarta: Depdikbud Universitas Terbuka Tes Uraian dalam bentuk tugas dan kuis
2. Memahami dan menguasai postulat kesejajaran • Menyebutkan bunyi postulat kesejajaran
• Menjelaskan pentingnya peranan postulat kesejajaran pada geometri Euclides
• Menjelaskan alasan postulat kesejajaran ditentang oleh para ilmuwan geometri
• Membuktikan teorema-teorema yang diturunkan dari postulat kesejajaran Mengkaji dan mendiskusikan postukat kesejajaran Euclides Postulat Kesejajaran Euclides 3 x 120 menit Moeharti, H. W. 1986. Sistem-sistem Geometri. Jakarta: Depdikbud Universitas Terbuka
Tes Uraian dalam bentuk tugas dan kuis
3. Memahami dan menguasai geometri Euclides • Menjelaskan aksioma-aksioma yang ada pada geometri Euclides
• Membuktikan teorema-teorema yang ada pada geometri Euclides
• Menjelaskan peranan geometri Euclides terhadap pembelajaran geometri pada mata pelajaran Matematika di sekolah Mengkaji dan mendiskusikan geometri Euclides Geometri Euclides 3 x 120 menit Moeharti, H. W. 1986. Sistem-sistem Geometri. Jakarta: Depdikbud Universitas Terbuka
Tes Uraian dalam bentuk tugas dan kuis
4. Memahami dan menguasai geometri non Euclides • Menjelaskan aksioma-aksioma yang ada pada geometri non Euclides
• Membuktikan teorema-teorema yang ada pada geometri non Euclides
• Menjelaskan peranan geometri non Euclides terhadap pembelajaran geometri pada mata pelajaran Matematika di sekolah Mengkaji dan mendiskusikan geometri non Euclides Geometri non Euclides 4 x 120 menit Moeharti, H. W. 1986. Sistem-sistem Geometri. Jakarta: Depdikbud Universitas Terbuka
Tes Uraian dalam bentuk tugas dan kuis
5. Memahami dan menguasai geometri netral • Menjelaskan aksioma-aksioma yang ada pada geometri Netral
• Membuktikan teorema-teorema yang ada pada geometri Netral
• Menjelaskan peranan geometri Netral terhadap pembelajaran geometri pada mata pelajaran Matematika di sekolah Mengkaji dan mendiskusikan sistem aksiomatik Geometri Netral 4 x 120 menit Moeharti, H. W. 1986. Sistem-sistem Geometri. Jakarta: Depdikbud Universitas Terbuka
Tes Uraian dalam bentuk tugas dan kuis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar